Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Danjen Kopassus Sudah 3 Kali Diganti Dalam Waktu 4 Bulan

Rabu, 30 Maret 2022 | Maret 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-30T08:03:15Z

Razanews, Jakarta,- Terjadi fenomena menarik dalam mutasi di tubuh TNI, terutama pasukan elite Komando Pasukan Khusus atau Kopassus.
Dalam empat bulan, ada tiga kali pergantian jabatan danjen dalam kurun waktu itu. Pergantian yang begitu cepat untuk mengisi jabatan komandan jenderal Kopassus menjadi indikasi semakin pentingnya korps tersebut.

Setelah diumumkan Senin (28/3/2022) malam, Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen Tatang Sobarna yang dihubungi, Selasa (29/3/2022) membenarkan akan ada pergantian Komandan Jenderal Pasukan Khusus (Danjen Kopassus).

Hingga Selasa siang, Puspen TNI belum mengeluarkan rilis resmi terkait nama Danjen Kopassus yang baru. Namun, menurut informasi yang diterima Kompas, nama yang terdengar akan menjadi Danjen Kopassus adalah Brigjen Iwan Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Resor Militer 173/Praja Vira Braja, Kodam Cendrawasih.Iwan akan menggantikan Mayjen Widi Prasetijono yang akan menjadi Panglima Kodam. Widi yang merupakan ajudan Presiden Joko Widodo pada tahun 2014 baru saja dilantik pada 21 Januari 2022. Berarti, ia hanya tiga bulan menjadi Danjen Kopassus.

Danjen Kopassus yang sebelumnya, Mayjen Teguh Muji Angkasa yang saat ini menjadi Panglima Kodam Cendrawasih, bahkan hanya menjadi Danjen selama kurang dari enam minggu. Ia dilantik pada 9 Desember 2021 dan digantikan Widi pada 21 Januari 2022.Danjen Kopassus sebelumnya, yaitu Mayjen Mohamad Hasan, menjabat selama 1 tahun 3 bulan. Hasan saat ini menjabat sebagai Pangdam Iskandar Muda. Letjen Nyoman Cantiasa yang kini menjadi Pangkogabwilhan III menjabat selama 1 tahun 8 bulan.

Iis Gindarsah, peneliti Lab 45 menilai hal ini menjadi fenomena penting. Menurut dia, pergantian pimpinan terbaru di tubuh Kopassus semakin menandakan sentralitas peran anggota korps baret merah di tubuh TNI. Enam perwira aktif yang pernah menjadi Komandan Jenderal kini berada di posisi kunci di Kementerian Pertahanan, Markas Besar TNI dan Komando Utama Operasi TNI.

×
Berita Terbaru Update