Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kisah Patriot Usman & Harun

Minggu, 27 Maret 2022 | Maret 27, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-28T02:55:59Z

Nama Usman dan Harun telah tercatat dalam tinta sejarah bangsa Indonesia sebagai patriot sejati yang berani berjuang untuk bangsanya. Dua prajurit KKO ini telah berjuang untuk negerinya yang tengah berkonflik secara politik maupun militer, dengan negara lain.
.
konflik yang berlangsung pada sepanjang tahun 1962 hingga tahun 1966 antara Indonesia dan Malaysia ini, terjadi saat presiden Sukarno sebagai pemimpin Indonesia menentang pembentukan federasi Malaysia yang di dalamnya terdapat Singapura, Sabah dan Sarawak.
.
Karena berbagai langkah dan upaya yang dinilai tidak membuahkan hasil mengenai hubungan keretakan antara Indonesia dan Malaysia ini, akhirnya presiden Sukarno sebagai pemimpin besar revolusi Indonesia mendeklarasikan perang dengan Malaysia atau yang dikenal dengan Konfrontasi Malaysia.
.
Dengan bergitu 21 juta orang dari TNI dan sukarelawan siap bertempur dengan Malaysia demi membela negaranya. Termasuk Usman dan Harun sebagai prajurit KKO. Usman dan Harun yang merupakan prajurit yang patuh terhadap perintah negara, kala itu dengan sukarela melakukan tugas yang diperintahkan oleh negara. Walaupun harus gugur dengan tragis, namun hingga kini nama Usman dan Harun telah dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai Pahlawan Nasional.
.
Pembahasan lengkapnya akan tayang di Yt. Channel @matahatipemuda pada hari Senin, 28 Maret 2022 pukul 20.30 WIB. (Rz.ajh)
×
Berita Terbaru Update