Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bersedekah Atas Nama Mayit, Dapat Pahala Juga

Jumat, 08 April 2022 | April 08, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-08T08:54:24Z

Soal:
Apakah hukum seseorang berniat sedekah atas nama orang yang sudah meninggal? Dan apakah pahalanya hanya untuk orang meninggal tersebut? Ataukah orang yang bersedekah tadi juga mendapat pahala?

Syaikh Shalih bin Muhammad Al Luhaidan menjawab:

المتصدق سوف يشارك الميت الصدقة، فإن الإنسان إذا بذل صدقة عن الميت هي تنفع الميت؛ فإن النبي صلى الله عليه وسلم لما ماتت أم سعد بن عباده وكان سعد مع النبي صلى الله عليه وسلم في الغزو فلما رجعوا جاء سعد إلى النبي، وقال: “إن أم سعد ماتت أو هلكت وإنها لو تكلمت لتصدقت أفينفعها أن أتصدق عنها”، فقال صلى الله عليه وسلم: «نعم» (صحيح ابن ماجه). فالصدقة من الحي على الميت جائزة والباذل للصدقة سواء فكر أنه شريك أو لم يُفكر، فإن الله جلَّ وعلا لا يُضيع أجر من عمل بالإحسان.

Orang yang bersedekah dan orang yang meninggal tersebut akan mendapatkan pahala sedekah. Karena seseorang yang berniat sedekah atas nama orang yang sudah meninggal, itu akan bermanfaat bagi si mayit tersebut.

Ketika Ummu Sa’ad bin Ubadah wafat, Sa’ad bersama Nabi Shallallahu’alaihi Wasallam dalam perang. Sekembalinya mereka dari perang (dan mendapati ibunya sudah wafat), Sa’ad bertanya kepada Nabi:

إن أم سعد ماتت أو هلكت وإنها لو تكلمت لتصدقت أفينفعها أن أتصدق عنها

“Ummu Sa’ad telah meninggal, andaikan ia sempat bicara (sebelum meninggal), tentu ia bersedekah. Apakah bermanfaat jika aku bersedekah atas namanya?”

Nabi menjawab: “Ya” (Shahih Ibnu Majah).

Maka bersedekah atas nama orang yang sudah meninggal itu boleh. Dan orang yang bersedekah tersebut akan mendapat pahala juga baik ia sudah mengira sebelumnya bahwa ia juga diganjar pahala ataupun ia tidak mengira sebelumnya. Karena Allah ‘Azza wa Jalla tidak akan menyia-nyiakan amalan kebaikan seseorang.

@fawaid_kangaswad
(Rz.ajh)
×
Berita Terbaru Update