Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Huang Fei Hung Memorial Hall - Foshan Ancestral Temple

Kamis, 21 Maret 2024 | Maret 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-21T12:43:07Z


Razanews, Jakarta,- Jika anda pergi ke daerah Foshan di Guangdong Province, China. Jangan lupa pergi ke Foshan Ancestral Temple, di dalamnya ada Huang Fei Hung Memorial Hall, yang didirikan warga Foshan sebagai penghormatan untuk legendary kungfu Hung Gar yang juga merupakan tabib terkenal : Huang Fei Hung. Huang Fei Hung sejatinya lebih terkenal sebagai tabib / ahli pengobatan China kuno, dan ayahnya sendiri Huang Chai Ying juga adalah tabib terkenal, pemilik toko obat Po Chi Lam di Foshan dan merupakan salah satu tokoh terkenal dari 10 Ten Tigers of Kwang Tung (10 harimau Kwangtung). Mengenai mitos Huang Fei Hung adalah penguasa tendangan "No Shadow Kick" ternyata adalah benar adanya, dan kungfu ini dimodifikasi dari seorang guru kungfu bernama Liu A Chai, murid Hung Shi Chuan, pendeta Shaolin. 


"No Shadow Kick" merupakan salah satu gaya aliran Hung Gar, yang nantinya menjadi salah satu dasar aliran Kungfu Kun Tao. Huang Fei Hung menjadi tabib yang disegani oleh masyarakat Foshan karena sering membuka pengobatan gratis, meninggal tahun 1924 dan dimakamkan di dekat Foshan Ancestral Temple, konon kematiannya disebabkan oleh faktor depresi karena kematian anak sulungnya di tangan Bao Zhi Lin, rivalnya dalam Kungfu.



 Istri sah Huang Fei Hung sendiri ada 3 dan semuanya meninggal muda sampai akhirnya di usia tua Huang Fei Hung mengambil selir bernama Mok Kwai Lan dan merupakan istri yang hidup paling lama sampai tahun 1982.  Tempatnya berlatih kungfu bersama murid2nya kini dijadikan hall khusus di Foshan Ancestral Temple untuk acara barongsai di tahun baru China dan acara2 special lainnya. 


Keturunan dari Huang Fei Hung sendiri sudah sedikit yang berada di China, sebagian menjadi perantau di Australia dan Amerika Serikat.
(Rz.ajh)
×
Berita Terbaru Update