Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kisah Bruce Lee Menjadi Murid Ip Man

Minggu, 28 April 2024 | April 28, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-28T14:55:57Z


Razanews, Jakarya,- Di masa mudanya, Bruce Lee adalah murid dari master kung fu terkenal, Ip Man. Ip Man, seorang grandmaster gaya kungfu yang dikenal sebagai Wing Chun, adalah salah satu tokoh terpenting dalam sejarah seni bela diri. Selama tinggal di Hong Kong, Ip mengajarkan keahliannya kepada ratusan pemuda Tiongkok.

Meskipun Ip Man sangat dihormati  karena prestasi dan keahliannya, salah satu hal yang paling dikenalnya adalah menjadi orang yang melatih Bruce Lee pada tahun 1950an.

 Periode khusus ini disinggung dalam film Ip Man yang dibintangi Donnie Yen sebagai peran utama. Ip Man 3 melihat seorang remaja Lee mencarinya dan meminta untuk menjadi muridnya. 

Hubungan mereka lebih penting bagi Ip Man 4: The Finale , yang dilewati bertahun-tahun setelah pelatihan Lee dengan Ip selesai. Ceritanya terfokus pada Ip yang mengunjungi Lee di Amerika Serikat.

Kisah nyata di balik bagaimana Bruce Lee menjadi murid Ip Man telah didokumentasikan dalam berbagai karya dan wawancara dengan orang-orang yang mengenal mereka. 

Saat Lee masih menjadi aktor cilik, dia berpartisipasi dalam banyak kekerasan jalanan dan bahkan memimpin gengnya sendiri, Junction Street Eight Tigers .


Pertarungan terus-menerus yang dia ikuti menghasilkan dia menemukan kung fu, yang dia yakini dapat membantunya menang melawan rivalnya. Ia melihat kesempatan untuk belajar melalui temannya William Cheung, yang saat itu tinggal dan berlatih bersama Ip. 

Atas permintaan Lee yang berusia 15 tahun, Cheung memperkenalkan Lee kepada gurunya, yang setuju untuk mengambil alih Lee [melalui Akademi Seni Bela Diri Cheung ].

Namun, Lee tidak langsung menerima instruksi dari grandmaster. Ip hanya mengajar beberapa muridnya secara langsung, dan malah menugaskan salah satu murid seniornya, Wong Shun Leung, untuk menjadi guru utama Lee. 

Lee, bertekad untuk menjadi petarung yang baik, bekerja keras dan mengalami kemajuan luar biasa di bawah asuhan Wong. 

Janji yang dia tunjukkan tidak hilang dari Ip, yang juga berlatih bersamanya, dan membantu Lee mengembangkan pemahaman yang mendalam dan bermakna tentang sisi filosofis kung fu.

 Pengaruhnya dibuktikan dengan kutipan Lee “Jadilah Air”  dan ide-ide lain yang berhubungan dengan seni bela diri.

Waktu yang Lee habiskan untuk belajar semua yang dia bisa dari Ip Man dan Wong Shin Leung diperumit oleh hubungannya dengan teman-temannya, yang sangat tidak menyukai dia. 

Cemburu dengan statusnya sebagai aktor cilik dan kesuksesan yang diraihnya di bawah bimbingan Wong dan Ip, banyak dari mereka yang berupaya agar Lee dikeluarkan dari sekolah Wing Chun.

 Alasan mereka menggunakannya berdasarkan pada warisan Lee. Karena ibunya adalah orang Eurasia, mereka berpendapat Ip tidak seharusnya mengajarkan seni bela diri Tiongkok kepada seseorang yang berasal dari ras campuran.

 Saat ini, memang benar bahwa orang non-Tionghoa tidak boleh belajar kung fu, tapi Ip tidak melihatnya seperti itu dan membiarkan Lee tetap berada di sana.

Seperti yang diakui Bruce Lee sendiri, dia tidak serta merta bergabung dengan Ip Man karena alasan yang benar, namun pelatihan dan pencerahan yang dia terima membuahkan hasil yang besar. Namun sayangnya, belajar kung fu tidak banyak menyelamatkannya dari masalah.

Akibatnya, dia dikirim ke Amerika Serikat ketika dia berusia 18 tahun, jauh dari gengnya di Hong Kong. 

Pelatihannya dengan Ip Man berakhir, namun era baru dimulai baginya di sana, dengan aktor tersebut akhirnya membuka sekolah kung fu sendiri dan menggunakan keahliannya untuk menjadi bintang film seni bela diri.(Rz.ajh)
×
Berita Terbaru Update