Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kenapa Firaun Mesir Berhenti Membangun Piramida?

Kamis, 03 Maret 2022 | Maret 03, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-04T03:54:07Z


Peradaban Mesir kuno punya sejarah tradisi memakamkan Firaun di bawah piramida besar selama lebih dari 1000 tahun. Bangunan ikonik ini menyimbolkan kekuasaan, kemakmuran, dan kepercayaan yang dianut para pemimpin Mesir kuno tersebut. 

Lantas, kenapa Firaun Mesir lalu berhenti membangun piramida?

Tradisi pembangunan piramida berlangsung di masa pemerintahan Djoser (2630 - 2611 SM sampai masa pemerintahan Ahmose I (1550-1525 SM). Setelah Ahmose, para Firaun lalu dikubur di Valley of the Kings dekat Thebes, ibu kota Mesir kuno (kini Luxor). Penyebab firaun berhenti membangun piramida adalah karena keamanan piramida. Dosen Egyptology Harvard University, Peter Der Manuelian, berpendapat, Firaun berhenti membangun piramida karena alasan keamanan.

"Ada banyak teori, tetapi karena piramida mudah dijarah, menyembunyikan pemakaman bangsawan di lembah yang jauh, dimasukkan ke dalam batu, dengan penjagaan pekuburan ketat, memegang peran penting," kata Peter, dikutip dari Live Science.

Sementara, Dosen Egyptology, University of Bristol, Aidan Dodson menjelaskan, masyarakat kerajaan saat itu juga sudah tidak membangun kamar pemakaman di sejumlah piramida terakhir yang dibangun. Ia mencontohkan, Ahmose I dimakamkan di kamar pemakaman di bawah gurun saja, sekitar 500 meter dari piramida.

Topografi alam lembah Valley of the Kings dianggap cocok bagi pemakaman bangsawan. Ahli Egyptology dari Charles University, Ceko Miroslav Barta mengatakan, puncak lembah yang dinamakan el-Qurn (Gurn) juga dianggap mirip dengan piramida.

Bagi Firaun Mesir, piramida merupakan tempat penting kenaikan dan transformasi ke kehidupan setelah kematian. Namun, topografi Luxor, tempat piramida dibangun, justru kelak dianggap terlalu jauh, banyak tanjakan, dan turunan.

Perubahan kepercayaan turut memengaruhi Firaun untuk membangun piramida. Kendati demikian, sejumlah orang kaya di peradaban Mesir kuno sekitar 3.300 tahun yang lalu masih mempraktikkan pemakaman di bawah piramida.

Sementara itu, penguasa Nubia (kini Sudan) juga masih membangun piramida untuk pemakaman bangsawan dan orang kaya hingga sekitar 1.700 tahun yang lalu.

__________________________________________
Disadur Wehelmina Wowiling dari https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5830233/kenapa-firaun-mesir-berhenti-membangun-piramida (Trisna Wulandari - detikEdu, Minggu, 28 Nov 2021 11:00 WIB)
×
Berita Terbaru Update