Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kim II- Sung

Minggu, 20 Maret 2022 | Maret 20, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-21T02:10:22Z


Setelah perang dunia kedua dan Jepang kalah terhadap sekutu, membuat negara Amerika Serikat dan Uni Soviet berebut pengaruh wilayah bekas jajahan Jepang, Korea yang saat itu menjadi negara berdaulat, terhambat oleh negara adidaya ingin merebut pengaruh Korea. Amerika Serikat segera menguasai wilayah Korea bagian selatan sementara Uni Soviet mempengaruhi sangat kuat wilayah di Korea bagian utara.

Perang ideologi sangat besar terjadinya perang saudara di Korea. Tahun 1948, wilayah selatan mendeklarasikan berdirinya Republic of Korea yang dipimpin oleh Syngman Rhee yang sangat anti-komunis. Sementara di wilayah utara, Uni Soviet memilih seorang gerilyawan muda komunis Kim Il-sung untuk mendeklarasikan berdirinya Democratic People's Republic of Korea (DPRK).

Amerika Serikat sangat mempengaruhi politik dalam negeri di bagian selatan dan masyarakat Korea Utara sangat kuat dengan ideologi komunis yang di bawah Uni Soviet, Korea Utara mendapatkan pasukan merah untuk perlawanan terhadap ideologi liberalisme yang di bawah Amerika Serikat Untuk membendung ideologi liberalisme seorang gerilyawan muda komunis Kim Il-sung membuat partai revolusioner yang berideologi komunis. Masyarakat Korea tidak ingin di jajahan negara Amerika berarti mereka harus mengubur cita-cita nya menjadi negara yang berdaulat.

Penarikan kekuatan militer Amerika Serikat dari Selatan pada Juni memperlemah Rezim Selatan dan membuat Kim Il-sung mempertimbangkan kembali rencana invasi ke Selatan. Gagasan itu sendiri awalnya ditolak oleh Joseph Stalin, tetapi dengan perkembangan persenjataan nuklir Soviet, kemenangan Mao Zedong di Tiongkok, dan pertanda dari bangsa Tiongkok bahwa mereka dapat mengirimkan serdadu dan sokongan lainnya ke Korea Utara, Stalin menyetujui penyerangan yang menjadi cikal bakal Perang Korea.
Pada 9 September 1948, Korea Utara berdiri. Pemerintah Korea Utara saat itu berbentuk Federasi yang terdiri atas berbagai fraksi. Sementara Kim Il-sung menjadi perdana menteri.

Akhir 1972, Kim terpilih sebagai presiden Korea Utara. Oleh warga Korea Utara Ia dikenal sebagai Great Leader. Sementara dunia mengenalnya sebagai presiden abadi dan diktator. Kim Il-sung meninggal tahun 1994 dan posisinya digantikan oleh anaknya Kim Jong-il.

Kim Il-sung, yang paling dihormati dari Dinasti Kim, dianggap memainkan peran kunci dalam kemerdekaan Korea. Dalam sejarah yang dibangun pemerintah, Kim adalah pahlawan yang berhasil membebaskan Korea dari jajahan Jepang (Korea dijajah Jepang dari 1910-1945) Salah satu momen terbesar Kim yang dicatat dalam sejarah Korea adalah saat 200 pasukan yang Ia pimpin berhasil merebut sebuah kota kecil yang dikuasai Jepang, sekitar Juni 1937. Namun pada 1940, tentara Jepang memukul mundur Kim dan pasukannya. Kim Il-sung terpaksa menyeberangi Sungai Amur menuju Uni Soviet.

Di negara itu, Kim ditempatkan di pangkalan militer Soviet dekat Khabarovsk. Ia dilatih khusus oleh Soviet menjadi kapten di Red Army. Menurut Britannica, Red Army merupakan tentara Soviet yang diciptakan Leon Trotsky setelah Revolusi Bolshevik tahun 1917.

Sembari menunggu keputusan Stalin, Red Army mempersiapkan beberapa kandidat cadangan. Namun Stalin cepat memberi keputusan dengan memilih Kim Il-sung. Awalnya Kim belum mengetahui apa yang akan dia lakukan di Korea Utara, hingga saat dianugerahi gelar Pahlawan Nasional dan berbicara di depan ribuan warga di Pyongyang 14 Oktober 1945, saat itu ia mulai menikmati kekuasaan yang didapatkan dari Soviet.

Pada pertemuan pertama Sidang Rakyat Tertinggi yang digelar mulai 2 September 1948, rancangan konstitusi nasional diresmikan dan pengumuman pendirian Republik Rakyat Demokrasi Korea yang diketuai Kim Il-sung pada 9 September 1948.
References
Anis septianingrum,M.pd,S. (2017). Sejarah asia timur. SOCIALITY.
Korea Utara. (n.d.). Wikipedia. Retrieved March 20, 2022, from https:**//id*.wikipedia.o**rg/wiki/Korea_Utara
Yantina Debora. (2020, September 9). Sejarah Kim Il-sung Mendirikan Korea Utara dan Campur Tangan Soviet. Tirto.ID. Retrieved March 20, 2022, from https*://tirto*id/sejarah-kim-il-sung-mendirikan-korea-utara-dan-campur-tangan-soviet-f3Wv
×
Berita Terbaru Update