Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peresmian TMII

Senin, 21 Maret 2022 | Maret 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-22T04:32:06Z

Foto kenangan 47 tahun yang lalu, 20 April 1975, Presiden Soeharto dan ibu negara , Tien Soeharto, meresmikan pembukaan Taman Mini Indonesia Indah.

Proyek ini digagas ibu Tien setelah mengunjungi Thai-in-miniature di Thailand dan Disneyland, Amerika Serikat. Gagasan itu pertama kali ia kemukakan dalam pertemuan pengurus Yayasan Harapan Kita di rumahnya, Jalan Cendana, pada 13 Maret 1970.
Protes mahasiswa mulai merebak setelah ibu Tien, selaku Ketua Badan Pelaksanaan Pembangunan dan Persiapan Pengusahaan Proyek (BP 5) Miniatur Indonesia Indah, itu mengumumkan rencana kepada publik pada akhir tahun 1971. Arsip Majalah Tempo, 25 Desember 1971, berjudul "Protes Mini", merekam protes sejumlah mahasiswa yang menamakan diri Gerakan Penghematan yang menganggap proyek tersebut sebagai pemborosan dan bertentangan dengan anjuran hidup prihatin yang disampaikan Presiden Soeharto beberapa waktu sebelumnya. Meski menuai protes proyek terus berjalan. Setiap provinsi urun dana. Pembangunan TMII dibangun bertahap dalam beberapa tahun. Salah satu wahana TMII yaitu Istana Anak-anak Indonesia, resmi dibuka Presiden Soeharto dan ibu Tien pada 20 April 1986.
Sejumlah tamu negara di antaranya: Ny. Imelda Marcos, PM Margaret Thacher, Pangeran Charles dan Putri Diana tercatat pernah mengunjungi TMII.

Foto: Presiden Soeharto dan Ny. Tien Soeharto
×
Berita Terbaru Update