Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

SENJATA TRADISIONAL LAMPUNG

Rabu, 16 Maret 2022 | Maret 16, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-22T10:06:41Z


Berbentuk seperti huruf L atau J, Badik adalah salah satu senjata tradisional lampung yang umum dikenal oleh masyarakat Lampung baik di kalangan masyarakat kota maupun desa. Senjata tradisional ini sekilas tidak jauh berbeda dengan pisau biasa namun diberi sarung dan gagang yang membengkok serta mata pisau meruncing ke atas.


Penyebutan badik pada senjata ini mengingatkan kita pada senjata tradisional dari Provinsi Sulawesi Selatan. Tidak jelas asal usulnya apakah Badik lampung terinspirasi dari senjata tradisional masyarakat Sulawesi Selatan? atau sebaliknya? Sampai saat ini belum dapat dipastikan. Asumsi sementara menyatakan bahwa Kerajaan Bone dan Gowa (Sulawesi Selatan) memperkenalkan senjata tersebut (badik) pada kerajaan Tulang Bawang (Lampung). Yang menarik, banyak pernyataan dari kalangan tua Lampung yang mengatakan bahwa Badik Lampung memang senjata asli masyarakat Lampung
Badik dikenal sebagai lambang keperkasaan dan kewibawaan nenek moyang
Dulu, begal dan perampok menjamur dan sering melakukan aksinya dengan menghadang di jalanan. Karena hal ini lah para saudagar maupun kalangan kerajaan menggunakan badik sebagai senjata tajam dan beracun untuk membela diri.


Walaupun dulu masyarakat Lampung menguasai ilmu pencak silat yang cukup untuk berperang dengan tangan kosong, namun Badik ini biasa digunakan saat posisi sedang tertekan atau ketika dikeroyok beberapa lawan agar pertarungan bisa seimbang. Jadi fungsi Badik lebih ke senjata pelengkap, bukan senjata utama.( Rz.ajh)
×
Berita Terbaru Update