Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KISAH PENCIPTAAN NABI ADAM AS & ISTRINYA

Rabu, 06 April 2022 | April 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-07T04:07:34Z

🔵 Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat,"Aku hendak menjadikan khalifah di bumi." Mereka berkata, "Apakah Engkau hendak menjadikan orang yang merusak dan menumpahkan darah di sana, sedangkan kami bertasbih memuji-Mu dan menyucikan nama-Mu ?". Dia berfirman, "Sungguh, Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui." 

🔵 Dan Dia ajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudian Dia perlihatkan kepada para malaikat seraya berfirman,"Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kamu yang benar !". Mereka menjawab, "Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami ketahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Mengetahui, Maha Bijaksana."

🔵 Dia (Allah) berfirman, "Wahai Adam! Beritahukanlah kepada mereka nama-nama itu !". Setelah dia (Adam) menyebutkan nama-namanya, Dia berfirman, "Bukankah telah Aku katakan kepadamu bahwa Aku mengetahui rahasia langit dan bumi dan Aku mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan ?"

🔵 Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat, "Sujudlah kamu kepada Adam !" Maka mereka pun sujud kecuali iblis. Ia menolak dan menyombongkan diri dan ia termasuk golongan yang kafir.

🔵 Dan Kami berfirman,"Wahai Adam ! Tinggallah engkau dan istrimu di dalam surga dan makanlah dengan nikmat (berbagai makanan) yang ada di sana sesukamu. (Tetapi) janganlah kamu dekati pohon ini, nanti kamu termasuk orang-orang yang zalim !"

🔵 Lalu, setan memerdayakan keduanya dari surga sehingga keduanya dikeluarkan dari (segala kenikmatan) ketika keduanya di sana (surga). Dan Kami berfirman, "Turunlah kamu ! Sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain. Dan bagi kamu ada tempat tinggal dan kesenangan di bumi sampai waktu yang ditentukan." 

🔵 Kemudian, Adam menerima beberapa kalimat dari Tuhannya, lalu Dia pun menerima tobatnya. Sungguh, Allah Maha Penerima Tobat, Maha Penyayang. Kami berfirman, "Turunlah kamu semua dari surga ! Kemudian jika benar-benar datang petunjuk-Ku kepadamu, maka barang siapa mengikuti petunjuk-Ku, tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati."
📔 {QS. Al-Baqarah (2): Ayat 30-38}

🔶 Allah berfirman :

📖 "Dan sungguh, Kami telah menciptakan manusia (Adam) dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, "Sungguh, Aku akan menciptakan seorang manusia dari tanah liat kering dari lumpur hitam yang diberi bentuk. Maka apabila Aku telah menyempurnakan (kejadian)nya, dan Aku telah meniupkan roh (ciptaan)-Ku ke dalamnya, maka tunduklah kamu kepadanya dengan bersujud."
📔 {QS. Al-Hijr (15): Ayat 26,28 & 29}

🔶 Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman :

📖 "Wahai manusia ! Bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu (Adam), dan (Allah) menciptakan pasangannya (Hawa) dari (diri)nya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan (peliharalah) hubungan kekeluargaan. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasimu."
📔 {QS. An-Nisa' (4): Ayat 1}

🔵 Hadits ini dari Hammam dari Abu Hurairah radliallahu 'anhu dari Nabi ï·º bersabda : 
📖 "Dahulu Allah mencipta Adam 'alaihissalam yang tingginya enam puluh hasta (tangan kalian) kemudian berfirman: "Pergilah kamu dan berilah salam kepada mereka para malaikat dan dengarkanlah bagaimana mereka menjawab salam penghormatan kepadamu dan juga salam penghormatan dari anak keturunanmu". Maka Adam menyampaikan salam: "As-Salaamu 'alaikum" (salam sejahtera untuk kalian). Mereka menjawab; "as-salaamu 'alaika wa rahmatullah" (salam sejahtera dan rahmat Allah buat kamu) Mereka menambahkan kalimat wa rahmatullah". Nanti setiap orang yang masuk surga bentuknya seperti Adam alaihissalam dan manusia terus saja berkurang (tingginya) sampai sekarang".
📔 {HR. Shahih al Bukhari : No.3079}
✅ Derajat hadits ini shahih

🔵 Hadits berikut ini dari Tsabit dari Anas bahwa Rasulullah ï·º telah bersabda, 
📖 "Setelah membentuk tubuh Adam alaihi salam, Allah Subhanahu wa Ta'ala pun membiarkannya di surga sesuai dengan kehendak-Nya. Tak lama kemudian, Iblis datang mengitari tubuh Adam sambil mengamati. Setelah mengetahui bahwasanya tubuh Adam itu mempunyai rongga, maka lblis pun mengerti bahwasanya Adam diciptakan dalam kondisi yang tidak dapat mengendalikan dirinya sendiri."
📔 {HR. Shahih Muslim : No.4727}
✅ Derajat hadits ini shahih

🔵 Hadits berikut ini dari Al A'raj dari Abu Hurairah radhiallahu'anhu dari Nabi ﷺ, beliau bersabda,
📖 "Dalam surga terdapat sebatang pohon yang bilamana seorang yang berkendaraan berjalan di bawahnya selama seratus tahun, maka dia belum habis melewati bayangannya. Karena itu, bacalah jika kalian mau yaitu ayat, 'WA ZHILLIM MAMDUUD (Dan naungan -pohon- yang terbentang luas). (QS. Alwaqi'ah 30) '" 
📔 {HR. Shahih al Bukhari : No.4502}
✅ Derajat hadits ini shahih

🔵 Hadits di bawah ini Abu Adh Dhahak dari Abu Hurairah berkata; Rasulullah ﷺ bersabda,
📖 "Sesungguhnya di surga ada sebatang pohon, seorang pengendara kuda berjalan di bawah naungannya yang tidak dapat selesaikan selama seratus tahun, pohon itu adalah pohon khuldi."
📔{HR. Ahmad : No.9571) 
✅ Derajat hadits ini shahih

🔵 Itulah kisah singkat penciptaan Nabi Adam AS dan istrinya. Semoga kisah ini menambah pengetahuan ilmu agama kita.

🔵 Ya Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang, hamba dan orang-orang yang telah membaca kisah ini memohon kepada-Mu :

➡️ Berilah kami ilham untuk tetap mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau anugerahkan kepada kami dan kepada kedua orang ibu-bapak kami dan untuk mengerjakan amal shalih yang Engkau ridhoi, serta masukkanlah kami dengan rahmat-Mu ke dalam golongan hamba-hamba-Mu yang shalih dan shalihah, aamiin.
×
Berita Terbaru Update