Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

JAN COX

Minggu, 11 September 2022 | September 11, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-12T02:10:32Z

"JAN COX "Seniman Belanda Yang Namanya Abadi Di Jawa,Terutama Surabaya🤣

Jan Cox adalah seorang seniman pelukis kelahiran Den Haag, Belanda pada 27 Agustus 1919. lalu Meninggal pada 7 Oktober 1980 di Antwerp, Belgia.

Nama Jan Cox membumi di tanah Jawa terutama di Kota Surabaya bukan karena karya lukisnya. Namun karena namanya tertulis pada salah satu tank milik Belanda.

Sepertinya sih personel tank tempur tersebut tersebut sangat mengidolai Jan Cox lalu menuliskan nama pujaanya. Hal tersebut yang banyak dilakukan prajurit tempur semasa Perang Dunia II.

Tulisan putih besar dengan huruf capital sangat mudah terbaca.
Para pasukan TKR (TNI pada masa itu) menggunakan kata sandi Jan Cox untuk kendaraan tank tempur.


Apa bila dalam pertempuran,tiba tiba nongol tank tersebut yang membuat para pejuang kewalahan dan mundur dari garis depan ,rasa jengkel dalam hati langsung di ucapkan,.JANCOOKKKKKKK.!!!.

Lambat laun kata Jan Cox terkenal dan menjadi bahasa serapan populer di kalangan masyarakat Jawa Timur.

Ceritanya ..
Tank Stuart ini merupakan produksi Amerika yang dibuat berkisar tahun 1941-1945. Indonesia memiliki puluhan Tank Stuart ini dari bekas peninggalan Belanda.

Dengan panjang 4,33 meter, lebar 2,47 meter, tinggi 2,29 meter dan berat 14,7 ton, tank ini pada masanya andalan bagi gerak maju pasukan Infanteri, baik oleh Belanda maupun setelah diwarisi Indonesia. Serta kerap diikut sertakan dalam berbagai operasi militer.

Nahhh....
Saat ini dari dua tank M3A3 Stuart yang masih tersisa di Pusdikav  atau Pusat Pendidikan Kavaleri, hanya satu yang masih laik jalan dengan nomer 40-32.

lndonesia mendapatkan tank ini sebagai rampasan perang, merebut langsung dari tangan Belanda.

Pada saat mendapatkannya, tank ini kondisinya tersebar di beberapa daerah. Seiring semakin teraturnya komunikasi antara pusat dan daerah, tank yang tercerai berai ini digabungkan menjadi tujuh eskadron.

Nama tank ini diambil dari salah seorang jenderal yang memimpin tentara konfederasi ketika Perang Saudara AS, yaitu Jenderal JEB Stuart. Tank ini dirancang sebagai tank ringan (light tank) dengan empat awak. 

Stuart dikembangkan AS saat Perang Dunia Kedua di tahun 1941, dan tank ini digunakan oleh sebagian besar negara sekutu.

Belanda sendiri mendapatkan Tank ini dengan pinjam pakai dari tentara Inggris yang mendarat duluan di Indonesia. Daripada repot-repot bawa pulang, Inggris meminjamkanya kepada Belanda yang ingin merebut lagi Indonesia.

Sekarang tahu kan asal mula kata JAN COX?😂🤣
×
Berita Terbaru Update