Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Cerita tentang Mok Kwai Lan, istri termuda Huang Fei Hung

Kamis, 21 Maret 2024 | Maret 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-21T12:36:31Z



Razanews, Jakarta,- Pada awalnya Huang Fei Hung sudah mempunyai 3 istri dan semuanya meninggal dalam usia muda. Huang Fei Hung memutuskan menikah lagi di usia 59 tahun dengan Mok Kwai Lan yang saat itu berusia 23 tahun, pertemuan konon terjadi dalam sebuah festival Kungfu di kota Foshan, karena takut dengan status istri yang menurut Fei Hung adalah suatu kutukan, konon Huang Fei Hung selalu menganggap Mok Kwai Lan adalah selir untuk menghindari kutukan supaya tidak meninggal muda juga. 


Kwai Lan berasal dari Nanhai, Guangdong dan pindah ke Hong Kong tahun 1930. Bersama Huang Fei Hung, Kwai Lan lah yang mencatat semua ilmu kungfu aliran Hung Gar Huang Fei Hung dalam sebuah kitab khusus disamping juga kitab pengobatan. 




Dasar2 ini membuat Mok Kwai Lan juga membuat sebuah institusi kungfu terkenal di Foshan dengan nama "Huang Fei Hung National Art Society", cabang dari institusi ini akhirnya berkembang sampai Wanchai, Hong Kong dari tahun 1944-1969, murid2nya berkembang pesat dari kisaran tahun tersebut dimana salah satunya yang terkenal adalah Tang Fung, yang juga merupakan salah satu penyair terkenal sekaligus seniman Kungfu terlemuka di Hong Kong, dimana syair2nya menjadi referensi lagu Nan Er Dang Zi Qiang aransemen dari James Wong yang akhirnya menjadi soundtrack film Once Upon A Time in China. 


Mok Kwai Lan juga mendirikan "Huang Fei Hung Physical Fitness Institute", yang akhirnya tutup di tahun 1980. Kungfu Hung Gar legendaris yang bernama "No Shadow Kick" atau Tendangan Tanpa Bayangan konon menjadi salah satu pusaka ilmu kungfu legendaris yang diwariskan secara turun temurun oleh Mok Kwai Lan dan anak cucunya. 




Mok Kwai Lan meninggal dunia dengan tenang di Hongkong tahun 1982. Perannya di film2 Kungfu Huang Fei Hung arahan Tsui Hark dengan bintang utama Jet Li sering diperankan oleh bintang film wanita Rosamund Kwan (Kwan Che Lin).
( Rz.ajh)
×
Berita Terbaru Update