Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hattori Hanzo alias Ninja Hattori

Kamis, 21 Maret 2024 | Maret 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-21T12:26:31Z


Razanews, Jakarta,- Hattori Hanzo Masanari (1542 - 2 Januari 1997), biasa dipanggil Hattori Hanzo adalah legenda Ninja Jepang yang juga samurai kelas tinggi.

Namun, jika kita pelajari sejarah Hattori Hanzo, ada 12 generasi yang semuanya dipanggil nama depannya Hattori Hanzo.

Lalu siapakan yang dimaksud ninja hebat itu?

Hattori Hanzo yang terkenal justru generasi kedua, Masanari, putranya Hattori Hanzo Yasunaga.

Karena kehebatan generasi kedua inilah, semua generasi sampai ke generasi ke-12 menggunakan nama beken Hattori Hanzo, lalu nama ketiganya beraneka ragam.

Nama ketiganya mulai Masatsugu, Masashige, Masayoshi, Masakatsu dan sebagainya. Sedangkan dua nama depannya sama semua, Hattori Hanzo.

Itulah sebabnya banyak orang bingung mengapa banyak Hattori Hanzo.

Lalu samurai yang terkenal, ninja yang punya legenda hebat yang mana? Yang generasi kedua, Masanari, putra pertama dari Hattori Yasunaga, samurai yang terkenal.

Masanari bekerja sebagai pengawal Raja Tokugawa Ieyasu, kesetiaan dan keahliannya tidak diragukan lagi, bahkan dia mengaku bahwa hidup dan matinya ada di tangan tuannya.

Lahir sebagai pengikut klan Matsudaira (lalu mengabdi kepada Tokugawa), Masanari mendapat gelar Oni-Hanzō (On berarti iblis atau jahat, hanya julukan atas kehebatannya) karena taktiknya yang tak mempunyai rasa takut di medan perang.

Gelarnya membedakan dia dari pengawal Tokugawa lain bernama Watanabe Hanzō, yang dipanggil Yari-Hanzō (yari berarti Tombak).

Dia adalah samurai yang ahli dengan segala macam senjata dan penyusun taktik yang hebat.

Melakukan pertempuran pertamanya di Anegawa dan Mikatagahara pada umur 16 tahun, tetapi dia baru mulai dikenal sejak Raja Oda Nobunaga tewas pada tahun 1582.

Masanori meninggal di usia 55 tahun karena gejala alami.

Sampai hari ini, peninggalan Hanzō Masanari yang masih ada adalah Gerbang Hanzō, yang terdapat di Istana Kōkyo (istana kekaisaran Jepang di Tokyo) dan jalan Hanzomon, kereta Hanzomon dan daerah Hanzomon di Tokyo.


Makam Hanzō terdapat di kuil pemakaman Sainen-ji, Wakaba, Shinjuku, Tokyo. Di kuil itu juga terdapat tombak kesukaan Hanzō dan helm seremoninya.

Masanori juga sering dijuluki sebagai Ninja Master Hanzo dan sempat memiliki sedikitnya 200 ninja di bawah perintahnya.
(Rz.ajh)
×
Berita Terbaru Update