Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Desmond Thomas Doss

Selasa, 16 April 2024 | April 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-17T03:25:37Z


Razanews, Jakarta, - Prajurit Amerika yang tidak mau menggunakan senjata bahkan menyentuhnya,tapi siapa yang tidak terkejut dengan keberaniannya dia mampu menolong teman" nya yg tertembak sekitar 75 orang selama perang Okinawa world war ll, bahkan di buatkan filmnya yang berjudul "Hackshaw ridge" bahkan ada beberapa dari teman nya menyebut bahwa "saya belum pernah menemukan seseorang yang pemberani seperti dia" 1919 - 2006.
Desmond Thomas Doss adalah kopral Angkatan Darat Amerika Serikat yang berdinas sebagai dokter perang di unit infanteri pada Perang Dunia II.

Desmond Doss yang tak mau mengangkat senjata Namun berhasil menjadi pahlawan bagi Amerika Serikat.

Atas keberaniannya dalam Pertempuran Okinawa, ia menjadi penolak wajib militer bernurani yang menerima Medali Kehormatan.

Sebelum pecahnya Perang Dunia II, Doss bekerja sebagai teknisi las di galangan kapal di Newport News, Virginia.

Sebagai seorang warga negara di tengah kondisi perang, Desmond Doss terpanggil untuk mengabdi kepada negara untuk menjadi tentara pada April 1942.

Dia dikirim ke Fort Jackson di Carolina Selatan untuk berlatih bersama Divisi Infanteri Ke-77, Sementara itu, adiknya Harold adalah tentara yang berdinas di USS Lindsey.

Doss menolak untuk membunuh tentara musuh atau membawa senjata dalam perang karena alasan keyakinan pribadi sebagai penganut Gereja Advent Hari Ketujuh.

Desmond Doss seorang tentara sebagai dokter perang di unit infanteri pada Perang Dunia II yang tak mau mengangkat senjata Namun berhasil menjadi pahlawan bagi AS.


Sebenarnya ada tiga versi mengenai jumlah orang yang diselamatkan dalam medan pertempuran Maeda Escarpment. Doss mengingat hanya menyelamatkan sekitar 50 orang. 

Beberapa tentara yang ikut menangani korban menghitung lebih dari 100 tentara. Sementara versi yang dirilis US Army mencapai 75 orang.

Atas jasa dan kegigihannya itu, Doss diganjar dua Bronze Star Medal of Valor.
( rz.ajh).
×
Berita Terbaru Update